UEFA Siap Kenalkan Kompetisi Baru di Bawah Liga Champions dan Liga Europa


BETTINGBOLA – Ketua European Club Association (ECA), Andrea Agnelli, yang juga menjabat sebagai anggota executive Committee (exco) UEFA menyebut bahwa kompetisi klub Eropa kasta ketiga di bawah Liga Champions dan Liga Europa siap dikenalkan pada 2021 mendatang. Lampu hijau sudah diberikan untuk menjalankan kompetisi tersebut.

Sejauh ini hanya ada dua kompetisi Eropa yang berlangsung setiap musimnya, yakni Liga Champions dan Liga Europa. Sebanyak 80 tim turut serta memeriahkan kompetisi tersebut.

Namun, UEFA merasa ada banyak klub lain yang kehilangan kesempatan bermain di Eropa. Level pertandingan Liga Europa juga mulai diragukan. Dua hal inilah yang melandasi dibuatnya kompetisi baru.

Modernisasi

Menukil bbc, Agnelli memang tak menggambarkan dengan jelas bagaimana detail kompetisi tersebut. Dia hanya menegaskan bahwa model yang digunakan saat ini perlu ditingkatkan.


“Model yang ada saat ini perlu dimodernisasi. Saat ini diperlukan penilaian terperinci dari kalender laga internasional sebelum merepresentasikan model baru setelah 2024 mendatang,” kata Agnelli.

Berbicara di pertemuan tahunan ECA di Kroasia beberapa waktu lalu, Agnelli mengatakan bahwa kompetisi ketiga ini akan menambah jumlah klub yang terlibat dari 80 jadi 96 klub.

Jumlah Sama

Penambahan jumlah tersebut berarti peserta Liga Europa akan dikurangi dari 48 menjadi 32 tim. Jadi, Liga Champons, Liga Europa dan kompetisi baru tersebut akan memiliki jumlah klub yang sama, yakni 32 tim.

Gagasan ini mungkin akan disetujui UEFA pada pertemuan tahunan Desember nanti di Dublin. Di pernyataan resminya, UEFA mengatakan “terus meninjau ulang format kompetisi saat ini dan mempertimbangkan beberapa opsi yang lebih baik.”

Pada intinya, tambahan kompetisi ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan klub-klub yang lebih kecil untuk merasakan kompetisi Eropa melawan tim-tim dari liga lain. Dengan demikian, sepak bola Eropa bisa berkembang bersama.


Related posts

Leave a Comment