Sejumlah Rekor Iringi Langkah Liverpool ke Final Liga Champions


Liverpool melangkah ke final Liga Champions dengan diiringin sejumlah rekor. Hal yang bisa menjadi modal untuk menghadapi Real Madrid pada partai puncak.

Kendati kalah 2-4 dari AS Roma pada laga kedua semifinal, Rabu (2/5/2018) atau Kamis dini hari WIB, Liverpool tetap melaju dengan keunggulan agregat 7-6.

Dua gol Sadio Mane (9′) dan Georginio Wijnaldum (25′) pada laga di Stadion Olimpico itu sudah cukup untuk mengamankan tiket ke final.

Selain itu, gol Mane dan Wijnaldum itu menjadikan Liverpool sebagai tim dengan produktivitas gol tandang terbanyak di Liga Champions, sejajar dengan Real Madrid pada 2013-2014.

Saat itu, Real Madrid mengakhiri kompetisi dengan menjadi juara Liga Champions. Bagaimana dengan Liverpool?

Liverpool akan menghadapi Real Madrid dalam pertandingan final Liga Champions di Stadion NSC olimpiyski, Kiev, Ukraina pada 26 Mei 2018.

Berikut sejumlah rekor yang mengiringi langkah Liverpool ke final Liga Champions:

1- Georgionio Wijnaldum akhirnya bisa mencetak gol tandang bagi klub Inggris yang dibelanya. Dari 19 gol bagi Newcastle United dan Liverpool, baru di Stadion Olimpico dia bisa mencetak gol tandang.


8 – Liverpool menjadi tim tersukses di Liga Inggris yang melangkah ke partai final Liga Champions. Mereka melangkah delapan kali dan lima di antaranya berujung gelar juara. Dua kegagalan terjadi pada 1985 dari Juventus dan 2007 dari AC Milan.

20 – Liverpool menjadi tim kedua yang bisa mencetak gol tandang terbanyak dalam satu musim kompetisi Liga Champions, 20 gol. Mereka mengikuti jejak Real Madrid pada era Carlo Ancelotti. 29 – Trio Mohamed Salah (10 gol), Roberto Firmino (10), dan Sadio Mane (9) menjadi trisula tertajam dalam satu musim kompetisi Liga Champions. Mereka mengungguli trio Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, dan Karim Benzema bersama Real Madrid yang mencetak 28 gol pada 2013-2014.

46 – Liverpool menjadi tim pertama yang bisa mencetak 46 gol dalam satu musim kompetisi Liga Champions.

459 – Sadio Mane menjadi pemain pertama yang bisa menjebol gawang AS Roma pada laga Liga Champions di Stadion Olimpico. Sebelumnya, gawang Alisson Becker tak kemasukan dalam 459 menit pertandingan di kandang sendiri.


Related posts

Leave a Comment