PSSI: Timnas U-16 Dibubarkan


SAMSUNGBOLA – PSSI membubarkan timnas Indonesia U-16. Akan ada evaluasi untuk membuat program baru untuk masa mendatang.

Timnas U-16 baru saja menyelesaikan tugas berlaga di di Piala Asia 2018. Mereka gagal mencapai target meraih tiket ke Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung di Peru tahun depan.

Indonesia dikalahkan oleh Australia di perempatfinal, hingga gagal lolos ke Piala Dunia U-17. Terhentinya langkah timnas U-16 juga menandakan berakhirnya kontrak pelatih Fakhri Husaini. Masa kerjanya hanya berlaku hingga Piala Asia.

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan seluruh pemain timnas U-16 dikembalikan ke klubnya. Evaluasi secara keseluruhan akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Jadi statusnya memang kontrak (Fakhri) sudah habis per AFC ini. Selanjutnya evaluasi untuk perkembangan ke depannya seperti apa, karena pada intinya tim ini bubar. Jadi timnas U-16 ini bubar dulu, kembali ke elit pro akademi dan kembali melalui kompetisi elit pro,” ungkap Tisha di Jakarta, Kamis (4/10/2018).


Terkait pelatih timnas U-16, apakah Fakhri akan dipertahankan atau disiapkan ke timnas kelompok umur lainnya, Tisha mengaku belum tahu. Sebabnya, semua harus dibicarakan lebih dulu mengingat pada tahun depan ada beberapa kejuaraan yang akan digelar.

“Ya mungkin akhir tahun akan kami lihat beberapa kandidatnya, karena persiapannya itu untuk U-16 kualifikasi, tahun 2020 kan tahun depan U-16 dan U-19 kualifikasi. Jadi itu yang akan kami persiapkan, ada SEA Games tahun depan, jadi kami akan lihat rotasinya ke depan seperti apa. Tapi yang jelas kontraknya habis, timnas bubar, pemain kembali ke klub masing-masing untuk berkompetisi,”

“Evaluasi akan dilakukan semua setelah kembali ke tempat masing-masing, nanti akan kami lihat seperti apa. Karena setelah kompetisi akan diadakan telent scouting lagi karena untuk persiapan U-16 untuk tahun berikutnya, apakah coach Fakhri lagi atau coach Fakhri melatih di usia lainnnya nanti akan kami lihat hasil evaluasi, karena tidak bisa hanya satu usia saja yang dievaluasi. Kami harus menunggu U-19, harus mengambil keseluruhan U-23, U-16, U-19,” katanya menambahkan.


Related posts

Leave a Comment