No Ronaldo, No Trofi


Ketergantungan Real Madrid terhadap sosok Cristiano Ronaldo begitu terasa. Pada pertandingan Piala Super Eropa 2018 melawan Atletico Madrid, tim berjuluk Los Blancos harus mengakui ketangguhan tim sekota mereka dengan skor 2-4 di Stadion A. Le Coq Arena, Kamis (16/8/2018) dini hari WIB.

Tidak ada Ronaldo, tak ada trofi. Itu mungkin hal yang tepat untuk menggambarkan hasil minor Madrid. Pasukan Julen Lopetegui gagal mencetak sejarah sebagai tim pertama yang meraih trofi secara beruntun.

Tak bisa dipungkiri jika Ronaldo selalu menjadi aktor protagonis selama sembilan tahun membela Madrid. Sudah banyak kontribusi yang diberikan CR7 untuk klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu. Kini, jimat itu sudah berpindah tangan.

Juventus merupakan salah satu klub yang beruntung mengamankan jasa Ronaldo setelah berani menebus kepindahan sang pemain sebesar 100 juta euro atau sekira Rp1,6 triliun. Namun demikian, Casemiro mengklaim bahwa kepergian CR7 tidak dapat dijadikan sebagai alasan terkait kekalahan ini.


“Tentu, kita tidak bisa menutupi semuanya. Cristiano menunjukkan di sini (Madrid) bahwa dia telah menjadi yang terbaik di dunia,” ungkap Casemiro dikutip dari Express.

“Tapi itu sudah berlalu, kita tidak bisa terus memikirkannya. Kami harus berbicara tentang para pemain yang kami miliki. Kami ingin membuat tim yang lebih kuat dan lebih solid, tetapi Cristiano sudah di masa lalu,” tutur Casemiro.

Berikut Prestasi Cristiano Ronaldo selama di Real Madrid

1. Liga Spanyol: 311 Gol dengan rata-rata per pertandingan 1.06

2. Total Gol di Semua Kompetisi: 450 dengan rata-rata per pertandingan 1.03

3. Trofi:
– Liga Spanyol: 2
– Copa del Rey: 2
– Piala Super Spanyol: 2
– Liga Champions: 4
– Piala Super Eropa: 2
– Piala Dunia Antarklub: 3
– Ballon d’Or: 4


Related posts

Leave a Comment