Liga Inggris Jadi Tempat Berkumpul Pelatih Top Dunia


Manajer Manchester City, Pep Guardiola, memuji kehadiran Unai Emery sebagai pelatih baru Arsenal. Dia pun menilai Liga Inggris sebagai tempat berkumpulnya pelatih top dunia.

“Selamat datang di Inggris, Pelatih top lain datang ke sini,” ucap Guardiola seperti dilansir dari SkySports.com, Rabu (23/5/2018).

Unai Emery resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Arsenal pada Rabu pagi waktu setempat. Mantan pelatih Paris Saint-Germain itu datang sebagai pengganti Arsene Wenger.

“Emery merupakan pelatih top. Catatan karier dia telah berbicara,” kata Guardiola.

“Dia telah melakukan sejumlah hal sempurna di beberapa klub Spanyol, Valencia dan Sevilla. Dia juga melatih dengan baik di Perancis,” tuturnya lagi.

Penetapan Emery sebagai pelatih baru Arsenal sebenarnya sudah terendus pada Selasa (22/5/2018) malam. Ketika itu, situs web pribadi Emery, unai-emery.com, mengunggah grafis yang menyatakan Emery bangga menjadi bagian dari keluarga besar Arsenal.


Unggahan itu langsung dihapus dan situs web pribadinya tak bisa diakses. Namun, kebocoran informasi itu tampaknya membuat manajemen Arsenal langsung mengumumkan penunjukan Emery yang menurut rencana awal akan dilakukan pada akhir pekan.

Sebelum datang ke Arsenal, Emery memang telah memiliki sejumlah catatan prestasi apik. Dia tiga kali beruntun berhasil menjadi kampiun Liga Europa bersama Sevilla.

Pindah ke PSG, Emery juga tak bisa dikatakan gagal walaupun pada musim pertamanya tak mempersebahkan gelar Liga Perancis. Dalam dua tahun kepelatihannya, dia mempersembahkan satu trofi liga, dan masing-masing dua gelar Piala Liga dan Piala Perancis.

Namun, kegagalan PSG tampil apik di Liga Champions membuatnya tersisih. Posisi dia di klub asal Perancis itu digantikan oleh Thomas Tuchel, eks pelatih Borussia Dortmund yang juga sempat diisukan sebagai pengganti Arsene Wenger.

Kehadiran Emery menambah jumlah prestasi juara liga di Premier League – kasta teratas Liga Inggris. Selain dia dan Pep Guardiola, ada Juergen Klopp, Jose Mourinho, dan Antonio Conte.


Related posts

Leave a Comment