Jamu Sevilla di Camp Nou, Barca Siap Rebut Singgasana


Kesempatan bagi Barcelona untuk kembali menguasai klasemen sementara Primera Liga, kini ada di depan mata. El Azulgrana hanya perlu mengalahkan Sevilla yang akan berkunjung ke Camp Nou, dini hari nanti. Partai kandang melawan Sevilla bukan sekadar pertandingan biasa bagi Barcelona.

Pertemuan itu sejatinya menjadi kesempatan emas bagi pasukan Ernesto Valverde untuk memulihkan reputasi sekaligus mengakhiri periode suram di kompetisi domestik. Barcelona sedang terpuruk karena hanya mendulang tiga angka dari empat laga terbaru di Primera Liga.

Klub Katalan itu sempat ditahan Girona (2-2) dan dihajar Leganes (1-2). Lalu, diimbangi Athletic Bilbao (1-1) dan Valencia (1-1). Akibat kehilangan 11 angka, Barcelona yang semula memuncaki klasemen sementara harus turun takhta.

Ini pertama kali Blaugrana tidak menempati posisi puncak sejak akhir musim 2016/2017. Tampuk kekuasaan sekarang diambil alih Sevilla yang mengejar dengan memetik empat kemenangan beruntun di Primera Liga.

Meski demi kian, Barcelona hanya tertinggal satu angka dari Sevilla. Ini sebabnya, duel kontra Los Hispalenses sangat penting bagi mereka.

“Kami harus menentukan mana yang menjadi prioritas. Laga melawan Sevilla merupakan salah satunya. Kami ti dak boleh terus menerus kehilangan angka. Karena itu, kami ha rus siap bertanding,” ujar bek Barcelona Gerard Pique, dilansir Skysport.

Kabar baiknya, Barcelona punya kans cukup besar untuk kembali meraih angka penuh. Terlepas apakah masih ada masalah psikologis, klub Katalan itu bisa menghadapi Sevilla dengan kekuatan penuh. Menurut kabar yang beredar, semua pemain inti Barcelona yang mendapat tugas negara telah berkumpul lagi.

Arturo Vidal, Arthur, Jasper Cillessen, Marc- Andre ter Stegen, Ousmane Dembele, Malcom, dan Philippe Coutinho sudah mulai berlatih. Pemain yang kembali dalam keadaan cedera setelah membela negaranya hanyalah Thomas Vermaelen.


Bek tengah asal Belgia itu harus menepi enam pekan karena cedera otot. Ini bisa jadi ma salah mengingat Samuel Umtiti juga harus absen sampai November akibat gangguan lutut. Tapi, itu diyakini tidak akan ter lalu mengurangi performa Barcelona.

Pasalnya, lini depan sudah siap tempur. Itu karena Sergi Roberto dan Luis Suarez telah pulih dari kelelahan setelah tidak ikut dipanggil timnas. Suarez yang kembali bugar diyakini bisa membuat produktivitas Barcelona meningkat lagi.

Maklum, selama tiga laga terbaru di Primera Liga, Sergio Busquets dkk hanya mampu mencetak satu gol. Sepanjang periode itu pula Suarez terus gagal merobek gawang lawan. Terakhir kali Suarez mencetak gol di kancah Primera Liga saat membantu Barcelona mengalahkan Real Sociedad 2-1.

Intinya, Valverde bisa berharap Messi, Suarez, dan Coutinho bisa menjebol gawang Sevilla. Itu sangat mungkin mengingat Coutinho bisa mencetak gol ketika Barcelona dikalahkan Leganes 1-2. Sementara Lionel Messi berhasil mendulang dua gol ketika bentrok Valencia dan Girona.

Kans Barcelona semakin besar jika me lihat sta tistik. Sevilla selalu gagal memetik kemenangan di Camp Nou sejak 2002. Barcelona juga belum pernah kalah dari Sevilla sejak 29 Februari 2016. Pada perjumpaan terbarunya di Piala Super Spanyol, Barcelona menang 2-1.

Meski demikian, Barcelona tetap harus waspada. Pasalnya, tim tamu akan datang bermodalkan catatan bagus. Terlepas kekalahan 1-2 dari Krasnodar di Liga Europa, Sevilla cukup produktif di Primera Liga dengan koleksi 18 gol.

Hebatnya, selama membukukan empat kemenangan beruntun, Sevilla sanggup mendulang 14 gol atau 3,5 gol perlaga. Kehadiran Andre Silva yang kini sudah mengoleksi tujuh gol membuat lini depan tim asuhan Pablo Machin itu cukup ditakuti.

“Kami akan mengunjungi stadion yang sangat sulit di mana durasi 90 me nit akan terasa sangat lama. Itu bisa terjadi jika Anda tidak berkonsentrasi penuh. Barcelona punya pemain yang bisa membunuh permainan dengan cepat meski mereka sedang mengalami periode buruk pada musim ini,” ucap bek Sevilla Aleix Vidal.


Related posts

Leave a Comment