Ini Pengaruh UEFA Nations League pada EURO 2020


BETTINGBOLA – Hadirnya kompetisi anyar Eropa bertajuk UEFA Nations League (UNL) ternyata berpengaruh langsung pada EURO 2020 mendatang. Karena baru pertama dilangsungkan, perubahan ini masih abu-abu, bisa dibilang negatif, bisa juga positif.

EURO selalu diikuti 24 tim terbaik Eropa yang bersaing di kualifikasi dan babak play-off yang biasanya cukup lama. Kini, setelah adanya UNL, perhitungannya jadi lebih mudah. Kualifikasi Euro akan terbagi dalam 10 grup, dua tim pemuncak grup otomatis lolos ke partai final, yang berarti ada 20 tim lolos ke babak final EURO.

Empat slot lainnya akan diberikan pada pemenang play-off UNL, yakni juara grup masing-masing liga UNL (4 liga) akan bertemu di babak play-off untuk merebut satu slot ke EURO 2020.

Uniknya, undian kualifikasi EURO 2020 baru akan dilangsungkan setelah UNL tuntas dan membagi empat partisipan UNL final ke dalam grup yang terdiri dari lima tim. Baca penjelasannya di bawah ini:

Pembagian

Kualifikasi EURO 2020 akan dimulai pada Maret 2019 mendatang. Total ada lima grup yang terdiri dari lima tim dan lima grup lainnya yang terdiri dari enam tim (sepuluh grup) yang bermain dalam 10 pertandingan.

Pemenang dan runner-up setiap grup otomatis lolos ke turnamen final EURO 2020.EURO terdiri dari 24 kontestan, yang berarti masih ada empat tempat sisa setelah kualifikasi. Empat slot ini akan diberikan pada pemenang play-off masing-masing liga UNL.

Pembagian


Jika pemenang Grup UNL sudah lolos melalui kualifikasi Eropa, maka tempat mereka akan diberikan pada tim terbaik berikutnya di liga mereka. Jika dalam satu liga tak ada empat tim yang kompetitif, slot yang tersisa akan dialokasikan untuk tim dari liga lain sesuai dengan peringat koefisien UEFA.

Sederhananya, tim-tim dengan kekuatan menengah ke bawah berpeluang merebut satu dari tiga slot EURO melalui play-off UNL.

Keuntungan

Keuntungan

Pelatih timnas, pemain dan negara-negara Eropa berkonsultasi pada UEFA dan mengatakan bahwa laga uji coba internasional sebenarnya tak membantu menciptakan persaingan dan kompetisi yang dibutuhkan. UEFA Nations League diciptakan untuk mewujudkan pertandingan yang kompetitif bagi tim-tim terlibat dan berpengaruh pada perkembangan sepak bola di masing-masing negara.

Tim-tim terbaik bisa memanfaatkan UNL sebagai ajang level tinggi anyar yang bisa menguji kekuatan mereka. Untuk tim kelas menengah ke bawah, UNL akan mewujudkan jalan lain untuk lolos ke babak final EURO.Kini, 16 negara peringkat terbawah UEFA memiliki peluang merebut setidaknya satu tempat dalam 24 tim yang tampil di babak final EURO. Tim yang lebih lemah kini bisa bertanding melawan tim-tim yang sepadan dengan kelas mereka.

Meski UNL akan menggantikan mayoritas laga uji coba internasional, sudah disiapkan ruang untuk uji coba khususnya bagi tim-tim terbaik yang ingin menjajal kekuatannya melawan tim di luar Eropa.


Related posts

Leave a Comment