Final Liga Champions, Real Madrid Dihantui Kenangan Buruk


Liverpool FC menyegel tempat di final Liga Champions musim ini. Mereka akan bersua Real Madrid selaku juara bertahan, pada partai puncak di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev, Ukraina, 26 Mei 2018.

Liverpool meraih tiket tersebut usai menyingkirkan AS Roma pada babak semifinal. Meski kalah 2-4 pada leg kedua di Stadion Olimpico, Rabu (2/5/2018) atau Kamis dini hari WIB, The Reds tetap lolos ke final karena unggul 7-6 secara agregat. Kemenangan 5-2 pada leg pertama di Anfield menjadi modal penting.

Sebelumnya, Real Madrid lebih dulu mengeliminasi Bayern Muenchen pada babak semifinal dengan agregat tipis pula 4-3.

Dengan demikian, skenario final yang terwujud di Kiev adalah Real Madrid versus Liverpool. Partai ini sarat akan kenangan bersejarah karena kedua tim pernah bertemu pada final Liga Champions 1980-1981.

Kala itu, Liverpool mengangkat trofi setelah menekuk Madrid 1-0 melalui gol dramatis Alan Kennedy pada menit ke-81. Kennedy mencetak gol delapan menit menjelang pertandingan berakhir.

Berawal dari lemparan ke dalam di dekat kotak penalti Los Blancos yang gagal diamankan Rafael Cortez, Kennedy yang merupakan pemain belakang, tiba-tiba muncul dan berhasil mencuri bola. Melakukan kontrol sesaat, dia melepaskan tendangan ke sudut kiri gawang Agustin.


Pertemuan di Paris 37 tahun silam menjadi duel paling bergengsi kedua tim hingga terulang kembali pada final Liga Champions musim ini. Bahkan komposisi tim semifinal saat itu pun sama.

Empat tim berasal dari 4 negara ini: Inggris, Jerman, Italia dan Spanyol. Tahun 1981, saat itu semifinalis nyaris sama dengan edisi tahun ini.

Hanya wakil dari Italia saja, yang saat itu diwakili oleh Inter Milan. Yang membedakan antara edisi 1981 dan 2018, adalah pertemuan 4 tim pada semifinal.

Pada edisi 1981, Liverpool sukses melaju ke final setelah menundukkan wakil Jerman, Bayern Muenchen, dengan skor agregat 1-1. Liverpool lolos ke partai final karena aturan gol away.

Pertemuan Liverpool dan Real Madrid pada final Piala Champions 1981 adalah pertemuan terakhir mereka dalam babak final Liga Champions sekaligus menjadi kali terakhir Real Madrid kalah dalam partai puncak kompetisi paling bergengsi antarklub Eropa itu.

Bentrokan di antara dua final tersebut disisipi empat pertemuan yang tersebar pada musim 2008-2009 dan 2014-2015. Kemenangan Liverpool atas Real Madrid membuat klub Inggris menjadi juara untuk kelima kalinya berturut-turut.

Pada tahun berikutnya, giliran Aston Villa yang menjadi juara. Dominasi Inggris terhenti pada tahun 1983, setelah Hamburg SV (Jerman) menjadi juara. (Nina Andrianti Loasana)


Related posts

Leave a Comment