Fakta Menarik Semifinal Piala Dunia 2018: Prancis vs Belgia


Piala Dunia 2018 telah memasuki babak semifinal. Dua negara unggulan dari Eropa, Prancis dan Belgia akan saling jegal di Saint-Petersburg Stadium untuk memperebutkan satu tiket menuju final Piala Dunia 2018.

Kedua tim memiliki catatan apik selama penyisihan grup dan juga di fase knock out. Sebelum sampai di semifinal, Prancis menyingkirkan Uruguay dengan skor 2-0, sementara Belgia menumbangkan salah satu favorit juara Brasil dengan skor 2-1.

Pertemuan kedua tim pada pertandingan nanti akan menjadi pertemuan ke-75 di antara keduanya. Sebelum itu, dari 74 pertandingan Les Bleus hanya mengemas 24 kemenangan sementara Belgia meraih 30 kemenangan.

Nah, beberapa fakta menarik akan tersaji di pertemuan antara Prancis vs Belgia kali ini. Berikut di antaranya:


Fakta Menarik

Fakta Menarik
  • Ini akan menjadi pertemuan kompetitif pertama antara kedua tim sejak Piala Dunia 1986, ketika itu Prancis menang 4-2 di tempat ketiga playoff.
  • Prancis telah memenangkan dua pertemuan di Piala Dunia melawan Belgia, menang 3-1 di babak pertama di tahun 1938, dan 4-2 di perebutan tempat ketiga playoff di tahun 1986.
  • Belgia menang 4-3 di pertemuan terakhir melawan Prancis, yakni saat pertandingan persabahatan di Paris pada tahun 2015.
  • Torehan 14 gol Belgia hingga babak semifinal Piala Dunia adalah torehan gol terbanyak sejak Brasil di tahun 2002 (15 gol). Belgia memiliki sembilan nama pencetak gol di Piala Dunia 2018 (tidak termasuk gol bunuh diri). Hanya Italia di tahun 2006 dan Prancis 1982 (10) yang memiliki jumlah lebih banyak dalam satu gelaran turnamen.
  • Tidak termasuk penalti, Prancis hanya sekali kalah di 13 pertandingan terakhir mereka di fase knock out Piala Dunia (10 menang, 2 seri, 1 kalah).

Fakta Menarik Lainnya

Fakta Menarik Lainnya
  • Antoine Griezmann sudah mencetak tujuh gol dalam enam pertandingan terakhirnya di fase knock out turnamen besar, Piala Dunia atau Piala Eropa.
  • Romelu Lukaku telah terlibat langsung di 20 gol dalam 13 pertandingan untuk Belgia di semua kompetisi (17 gol, 3 assist).
  • Kylian Mbappe (3 gol) merupakan pemain muda yang paling banyak mencetak gol di turnamen Piala Dunia sejak Pele mencetak enam gol di 1958. Pele mencetak hattrick melawan Prancis di semifinal pada turnamen itu, pemain muda terakhir yang mampu mencetak gol di babak semifinal Piala Dunia.
  • Eden Hazard telah terlibat langsung dalam 14 gol di 14 pertandingan terakhirnya bersama Belgia (8 gol dan 6 assist).

Related posts

Leave a Comment