Eranya Penjaga Gawang


Nama penjaga gawang Athletic Bilbao Kepa Arrizabalaga dalam satu hari terakhir ini naik daun. Dia menjadi buah bibir setelah Chelsea dikabarkan menghidupkan pasal pembelian Arrizabalaga dari klubnya.

Nilainya cukup besar, 80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun! Angka luar biasa besar untuk penjaga gawang yang baru berusia 23 tahun. Transfer yang penuh perjudian karena Arrizabalaga masih minim jam terbang di kompetisi elite. Kariernya di Bilbao baru satu setengah musim. Jumlah laga yang dijalani juga baru 53 laga atau sekitar 4.716 menit di Primera Liga. Harganya pun jauh di atas nilai pasar. Setidaknya menurut situs transfermarkt, angka pasarannya hanya 20 juta euro atau Rp334 miliar. Jumlah yang sudah jauh di atas kontrak pertamanya saat dipulangkan dari Real Valladoid dengan harga 1,5 juta euro atau Rp25 miliar!

“Saya melihatnya satu tahun lalu. Kesan pertamaku, dia adalah penjaga gawang bagus, masih muda, tapi sangat, sangat bagus,” kata Pelatih Chelsea Maurizio Sarri, dikutip Sky Sports. Jika transfer terjadi, bisa dikatakan dua tahun terakhir ini menjadi milik penjaga ga wang. Setidaknya, sejak Manchester City mendatangkan Ederson Moraes, pamor penjaga gawang mulai naik. Kedatangan Moraes langsung mengingatkan orang bahwa selama ini hanya ada satu kiper yang memiliki nilai lebih dari 58 juta euro (Rp979 miliar) sejak 2001 yang dipegang Gianlugi Buffon. Angka itu bertahan sampai 17 tahun, ketika Liverpool mendatangkan Alisson Becker ke Anfield dari AS Roma.


Alisson menjadi milik The Reds setelah manajemen tim asuhan Juergen Klopp itu mengeluar – kan dana 75 juta euro (Rp1,2 triliun) pada 20 Juli lalu. Tapi, rekor itu tak bertahan satu bulan jika transaksi antara Bilbao dan Chelsea resmi terjadi. The Blues membutuhkan penjaga gawang baru setelah kiper nomor satu mereka Thibaut Courtois mangkir dari sesi latihan dan memilih bertahan di Madrid. Penjaga gawang asal Belgia itu disebut ingin pergi dan berlabuh ke Real Madrid musim depan. “Sekarang, saya belum tahu apa pun. Saya harus bicara dengan klub dan mengambil keputusan bersama,” ujar mantan pelatih Napoli itu.

Jumlah 80 juta euro tidak saja membuat Arrizabalaga menjadi penjaga gawang termahal sepanjang sejarah sepak bola, tapi juga salah satu transfer tertinggi musim ini. Arrizabalaga hanya akan kalah dari Kylian Mbappe yang diresmikan menjadi bagian skuad Paris Saint-Germain (PSG) dengan banderol 135 juta euro (Rp2,2 triliun) dan transfer Cristiano Ronaldo ke Juventus senilai 117 juta euro (Rp1,9 triliun). “Saya tidak tahu tentang Courtois dan tak tahu apa pun soal Arrizabalaga,” tandas Sarri. Tentang transfer, La Liga yang menjadi otoritas kompetisi di Spanyol menetapkan bahwa pemain atau wakilnya harus secara pribadi mengawasi transfer melalui badan liga dengan sejumlah pengacara dan agen yang sudah di Madrid.

Direktur umum agensi Bahia Internacional, Margarita Garay, bergabung dengan pengacara Rodrigo Garcia dan Alvaro Reig de Laffer. Perusahaan hukum yang berbasis di Valencia, Ruiz-Huerta & Crespo juga merupakan bagian dari rombongan seperti Enric Ripoll dan Paolo Torchetti, yang mewakili Chelsea. Begitu pembayaran selesai, Arrizabalaga diatur untuk melakukan perjalanan ke Chelsea untuk menyelesaikan ke pindah annya pada Rabu sore, menjelang pengumuman pada hari yang sama atau Kamis pagi.

Penandatanganan bisa dilakukan hingga hari Kamis pu kul 18 waktu setempat un tuk diratifikasi sekaligus memungkinkan selesainya.


Related posts

Leave a Comment