AS Minta Dukungan Afrika Terkait Piala Dunia 2026


Bettingbola.com – Presiden Donald Trump secara mengejutkan meminta dukungan dari negara-negara Afrika terkait niat Amerika Serikat yang mencoba menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2026.

Presiden ke-45 negara adidaya tersebut terkenal dengan pernyataannya yang kontroversial dan dipandang kerap bersikap rasial terhadap warga dunia non-kulit putih. Namun, dalam urusan olahraga, Donald Trump ternyata bermimpi menggolkan impiannya jadi tuan rumah bersama untuk Piala Dunia 2026.

Pekan lalu, taipan ini mengingatkan melalui akun Twitter miliknya bahwa akan menjadi sesuatu yang memalukan jika para negara sekutunya menentang keinginan Amerika Serikat untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026.

Pada Senin (30/4) lalu, Donald Trump kembali menegaskan pandangannya terhadap pelaksanaan hajatan terbesar dunia sepakbola itu saat berbicara di Gedung Putih bersama Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari.


“Saya harap seluruh negara Afrika, dan juga negara-negara lain di seluruh dunia yang kami dukung, mereka berbalik mendukung kami dalam proses penawaran [jadi tuan rumah] bersama Kanada dan Meksiko untuk Piala Dunia 2026,” ujar Trump.

“Kami akan menyaksikan secara seksama dan setiap bantuan di proses penawaran tersebut akan sangat kami hargai,” tambahnya.

Satu-satunya lawan Amerika Serikat adalah Maroko, yang diyakini mendapat dukungan dari negara-negara Afrika dan beberapa negara Eropa lainnya seperti Rusia, Perancis dan Belgia.

Sedangkan Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko dipastikan mendapat dukungan dari negara-negara Amerika Tengah dan Selatan, karena secara geografis lebih dekat.

Tapi pernyataan Donald Trump ini bisa melanggar regulasi FIFA, karena sebuah pemerintahan dilarang keras menekan federasi-federasi di negara lain dalam proses penawarannya.

Selain itu, pernyataan Trump tersebut juga terbilang mengejutkan, karena sebelumnya ia pernah menyebut negara-negara di Afrika dengan sebuah sebutan yang membuat warga benua hitam berang dan menyatakan protes secara resmi.


Related posts

Leave a Comment